Blog Posts - Logika Matematika



Cara Mudah Menentukan Disjungsi

Tahukah kalian apa itu disjungsi ? Disjungsi adalah kalimat deklaratif yang penghubungnya “v” (atau). Kali ini kita akan membahas soal – soal dan pembahasan tentang disjungsi. Disjungsi masih mudah tidak susah seperti matematika lainnya. Tapi k...
by Dosen Matematika on Dec 9, 2016

Cara Mudah Menentukan Implikasi

Perlu kita ketahui implikasi adalah kalimat majemuk dengan tanda hubung atau sering disebut jika … maka …, perbedaan implikasi dengan disjungsi dan konjungsi adalah implikasi bernilai salah apabila B dan S selebihnya bernilai benar. Sedangkan kon...
by Dosen Matematika on Dec 9, 2016

Cara Menentukan Tautologi

Pembahasan kita kali ini adalah tentang tautolgi. Tahukah kalian apa itu taotologi ? bagaimana cara menentukan tautolgi ? apa rumus dari tautology itu sendiri ? pertanyaan – pertanyaan inilah yang selalu muncul di pikiran kita kalau kita belum pern...
by Dosen Matematika on Dec 8, 2016

Cara Menentukan kontradiksi

Pembahasan kita kali ini adalah tentang kontradiksi . Tahukah kalian apa itu kontradiksi ? bagaimana cara menentukan kontradiksi ? apa rumus dari kontradiski itu sendiri ? pertanyaan – pertanyaan inilah yang selalu muncul di pikiran kita kalau kita...
by Dosen Matematika on Dec 8, 2016

Logika bagian 1 : Tabel Kebenaran dan Gerbang Logika

Logika adalah ilmu tentang cara berfikir dan menalar dengan benar. Logika masuk ke dalam sub ilmu matematika. Oleh karena itu, logika bisa dipakai pada ilmu-ilmu lainnya termasuk ilmu agama. Dalam matematika, logika dikenal dengan logika informatika,...
by Dadan Purnama on Jun 18, 2016

METODE PETA KARNAUGH I

11.1 Definisi Metode pemetaan yang dikenalkan oleh Karnaugh, disebut Peta Karnaugh (Karnaugh Map). Metode Peta Karnaugh merupakan metode grafis untuk menyederhanakan fungsi boolean. Metode pemetaan dapat meminimalisasi fungsi yang kompleks. Rangkaian...
by KOMPINTERKU on Dec 14, 2015

METODE PETA KARNAUGH II

12.1 Peta Karnaugh Empat Variabel Pendefinisian Peta Karnaugh Empat Variabel sama dengan yang lain, yaitu perubahan ke baris/kolom sebelum dan sesudahnya hanya memiliki 1 buah perubahan saja. Cara menggunakan Peta Karnaugh: Sesudah dilakukan pengelom...
by KOMPINTERKU on Dec 14, 2015

KASUS LAMPU LINTAS

Prinsip Half Adder Adalah suatu operasi penjumlahan dua bit biner tanpa menyertakan carry-in nya. Rangkaian half adder merupakan dasar penjumlahan bilangan biner yang masing-masing hanya terdiri dari satu bit, oleh karena itu dinamakan penjumlah tak...
by KOMPINTERKU on Dec 14, 2015

ALJABAR BOOLEAN

8.1 Definisi Aljabar Boolean adalah sistem aljabar yang berisi set S dengan dua operasi penjumlahan yang dilambangkan dengan tanda tambah (+) dan perkalian yang dilambangkan dengan tanda titik (.). Pada prinsipnya, materi Aljabar Boolean mirip dengan...
by KOMPINTERKU on Dec 13, 2015

KONVERSI BENTUK FUNGSI

9.1 Bentuk Kanonik Ada dua macam bentuk kanonik: Penjumlahan dari hasil kali (sum-of-product atau SOP)Perkalian dari hasil jumlah (product-of-sum atau POS) Contoh: 1. f(x, y, z) = x’y’z + xy’z’ + xyz à SOP Setiap suku (term) disebut m...
by KOMPINTERKU on Dec 13, 2015

RANGKAIAN LOGIKA

10.1 Gerbang Logika Untuk mengimplementasikan fungsi-fungsi logika digunakan rangkaian logika. Fungsi Boolean yang diekspresikan dengan AND, OR, NOT, NOR, NAND, dan XOR menjadi lebih mudah diimplementasikannya dengan dengan menggunakan gerbang logika...
by KOMPINTERKU on Dec 13, 2015

PENARIKAN KESIMPULAN

6.1 Pendahuluan Argumen adalah rangkaian kalimat, dimana semua kalimat (kecuali kalimat terakhir) adalah hipotesa dan kalimat terakhir disebut kesimpulan. Argumen adalah suatu deret proposisi yang dituliskan sebagai (premis 1)...
by KOMPINTERKU on Dec 12, 2015

KALKULUS PROPOSISI

4.1 Definisi (Proposisi) Sebuah proposisi(proposition) atau statement ialah sebuah kalimat deklaratif yang memiliki tepat satu nilai kebenaran, yaitu: ”Benar”(B) atau ”Salah”(S). Kalkulus proposisi (propotional calculus) merupakan metode untu...
by KOMPINTERKU on Dec 12, 2015

TAUTOLOGI & KONTRADIKSI

5.1 Tabel Kebenaran Dengan melibatkan beberapa perangkai logika sebelumnya, maka beberapa proposisi dapat digabungkan menjadi satu proposisi. Setiap proposisi baik atomik ataupun majemuk, harus memiliki nilai, True/Benar atau False/Salah. Alat yang d...
by KOMPINTERKU on Dec 12, 2015

HIMPUNAN II

2.1 Prinsip Inklusi-EksklusiBerapa banyak anggota di dalam gabungan dua buah himpunan A dan B? Penggabungan dua buah himpunan menghasilkan himpunan baru yang elemen-elemennya berasal dari himpunan A dan himpunan B. Himpunan A dan himpunan B mungkin s...
by KOMPINTERKU on Dec 11, 2015

KOMPOSISI BENTUK FUNGSI

3.1 Definisi Fungsi Untuk setiap anggota himpunan A dikaitkan dengan satu dan hanya satu anggota himpunan B disebut suatu fungsi dari A ke B. Himpunan A disebut domain atau ramah dan himpunan B disebut Codomain dari fungsi. Fungsi biasa diberi nama s...
by KOMPINTERKU on Dec 11, 2015

HIMPUNAN I

1.1. DEFINISI Himpunan merupakan kumpulan objek-objek yang berbeda. Himpunan adalah kumpulan objek yang didefinisikan secara jelas dalam sembarang urutan. Himpunan adalah kumpulan dari objek-objek tertentu yang tercakup dalam satu kesatuan dengan ket...
by KOMPINTERKU on Dec 10, 2015

MEMAHAMI TABEL KEBENARAN LOGIKA MATEMATIKA DENGAN LOGIKA YANG MUDAH

MEMAHAMI TABEL KEBENARAN LOGIKA MATEMATIKA DENGAN LOGIKA YANG MUDAH Menghapal tabel kebenaran tentu sulit, karena tabel kebenaran yang panjang dan banyak akan susah untuk dihapal, kalaupun bisa, mungkin besoknya akan lupa lagi. Contohnya menghapa...
by animateholic on Sep 30, 2013

Penerapan Permainan dalam Pembelajaran Matematika

Penerapan permainan matematika yang dapat dilakukan oleh seorang guru adalah dengan dilakukannya permainan tersebut di tengah pembelajaran yaitu terlebih dahulu dilakukan apersepsi tentang materi dari topik yang akan diajarkan kemudian dilanjutkan de...
by BELAJAR ELEKTRONIKA on Aug 29, 2013

Jenis Permainan Matematika untuk Pemahaman Konsep

Permainan matematika untuk pemahaman konsep merupakan permainan matematika dengan tujuannya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajari. Contoh-contoh dari permainan ini diantaranya: a. Mengirim Berita dengan Kode R...
by BELAJAR ELEKTRONIKA on Aug 22, 2013


Trending Topics

Close